Monday 18 October 2010

Keutamaan Ilmu Dibandingkan Harta

Monday 18 October 2010
Berprofesi sebagai pengajar (guru) di jaman sekarang ini mungkin dipandang sebagai sesuatu yang sepele karena penghasilannya yang kecil dan dianggap tak setara dengan pegawai swasta yang lain.
Namun demikian, insyaAllah guru jauh lebih kaya dalam hal ibadahnya, walupun di dunia hanya mendapat gaji yg minim tapi kelebihan gaji itu akan diterima di akherat. 
Mengajar adalah sebuah seni. Walaupun kita punya ilmu belum tentu kita punya kemampuan untuk mengajarkan atau menyampaikan ilmu kita kepada orang lain.
Nich ada sekelumit hadist yang aku kutip dari tulisan dibalik Buku Laporan Perkembangan Siswa Bimbel Bintang Pelajar, yang semoga bisa memberi motivasi kepada rekan2 pengajar yang lain.

Imam Ibnu Qayyim Al jauziah (wafat th 751 H) rahimahullah menyebutkan lebih dari 100 keutamaan ilmu. diantaranya adalah:
1.) Pahala ilmu akan tetap mengalir meskipun pemiliknya telah meninggal dunia.
Rasulullah SAW bersabda: "Jika seseorang meninggal dunia maka amalnya terputus, kecuali tiga hal: shadaqah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak saleh". (H.R. Muslim)
Menuntut ilmu dan mengajarkannya adalah jihad. Orang yang menuntut ilmu atau mengajarkannya laksana mujahid fisabilillah.
2.) Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang memasuki masjid kami ini (masjid nabawi) dengan tujuan mempelajari kebaikan atau mengajarkannya, maka laksana ia orang yang berjihad fisabilillah. Dan barang siapa yang memasukinya dengan tujuan selain itu, maka ia laksana orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya". (H.R. Ahmad, ibnu majah, Ibnu Hibban dan yang lainnya dengan sanad hasan)
Abu Darda berkata: "Barang siapa berpendapat bahwa pergi menuntut ilmu bukan termasuk jihad, maka sungguh ia kurang akalnya"
3.) Ilmu lebih baik daripada harta
a. Ilmu adalah warisan para nabi, sedangkan harta warisan para raja dan orang kaya
b. Harta akan hais dengan dibelanjakan, sedangkan ilmu justru bertambah jika diajarkan
c. Ilmu adalah penguasa atas harta, sedangkan harta tidak berkuasa atas ilmu.
Demikianlah sekelumit kecil mutiara nasihat imam ibnu Qayyim Al Jauziyah Rahimahullah untuk kita renungi dan amalkan. Selamat menuntut ilmu dan mendidik. Semoga Allah SWT memberikan rahmaNya kepada kita semua.

0 comments :

Post a Comment

 
Lissa_RHI © 2008. Design by Pocket